Selasa, 06 Desember 2011

Belajar dari Sekitar


Ini postingan spesial hasil stuban gue bareng kelompok “membran” ke fakultas tetangga kita di FKG dan Farmasi. Sebenernya, gue cuma ikut stuban yang di FKG doang, yang stuban di Farmasi ga ikutan, soalnya gue harus bantuin SPU buat ngurusin remedial Magnum anak 2011. Jadi yang dari Farmasi hasil share ama anak “membran” yang dateng.
Stuban 1 (FKG)
Jalan-jalan yang pertama ke BEM FKG Unpad. Disana mereaka punya satu presiden dan dua bagian yaitu internal dan eksternal yang bagian ini tidak diketuai. Dari situ langsung ke menteri-menteri yang memimpin divisi-divisi (kalo di Senat Kita Mentri itu Kasie). Kondisi kemahasiswaan di FKG itu sendiri masih sepi, soalnya masih banyak mahasiswa masih kupu-kupu (kuliah pulang - kuliah pulang). Mereka sendiri mengakui kalo propaganda yang mereka buat tentang kemahasiswaan  juga kurang maksimal, Cuma pake mading. Tapi kalo ngomongin soal dana, mereka lebih enak, disana ada poma (persatuan orangtua-mahasiswa)  yang siap membantu dalam kegiatan akademik maupun kemahasiswaan. Satu hal yang menurut gue harus dicontoh banget dari mereka yaitu peranan BPM dan BEM yang sudah berjalan dengan sinergis dan jelas pembagian ranah kerjanya, tanpa ada overlap kerjaan.
Stuban 2 (Farmasi)
Di BEM Farmasi terdapat divisi Internal dan Eksternal. Divisisi Eksternal disini terdiri dari Humas, BKK (menariknya, divisi ini dapat berhubungan langsung dengan ISMAFARSI, semacem ISMKI di FK), dll. Di divisi Internal ada PSDM, Pengembangan Organisasi, Minat dan Bakat, dll. Uniknya lagi di farmasi ini terdapat larangan untuk ngebuat UKM sendiri (jadi harus dilebur ke universitas. Jadi untuk mengantisipasinya, UKM-UKM itu dimasukkan ke Minat dan Bakat. Untuk pendanaan mereka mendapat jatah 100rb/orang/tahun dari fakultas. Selain itu juga, mereka seringkali melakukan sponsorship dalam mendapatkan dana dari eksternal.  Untuk propaganda kemahasiswaan, mereka menggunakan banyak media, seperti Poster, Jarkom, dan media elektronik seperti twitter dan facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar