Selasa, 06 Desember 2011

Is it Art?


Pertemuan SCORE hari Rabu, tanggal 30 Desember 2011,  kakli ini kita kedatengan tamu istimewa yaitu dr. Harry #fkunpad2005 yang baru aja nglaksanain sumpah dokter baru-baru ini. Belioau dulunya pernah jadi ketua senat di FK Unpad selama 1,5 tahun. Dimasa kepemimpinannya itulah sejarah pergantian BEM jadi Senat Mahasiswa terjadi. Pokoknya dia orangbersejarah deh di FK Unpad.
Di pertemuan ini dr. Harry ngasih materi tentang Seni. Aneh kan? Seni disini adalah “Seni Menggerakan Manusia”. Materi yang sangat baik menurut gue, cara penyampaiannya juga oke banget. Dari presentasi yang beliau kasih ke kita, intisari yang gue dapet sih untuk jadi orang yang bisa nge-gerakin orang lainnya yaitu kita harus menguasai 3 hal. Pertama Integritas, Leadership, dan Manajemen.
Yang ada dipikiran gue, integritas identik dengan kejujuran. Untuk jadi pemimpin yang oke tentunya harus bisa jadi teladan buat anggotanya. Dalam hal menggerakan manusia, tentunya kita harus bisa memberikan kesan yang baik kepada orang lain. Dengan integritas dan kedisiplinan tinggi tentunya kita bisa memberikan kesan yang baik kepada anggota-anggota kita.
Leadership atau bahasa bekennya kepemimpinan. Disini kita belajar gimana menjaga kinerja semua komponen yang kita miliki. Hal pertama yang harus dilakukan seorang pemimpin adalah memiliki visi yang baik. Selanjutnya, kita harus mengetahui kondisi internal  organisasi kita. “know your man properly”, dengan care ke semua anggota kita punya modal yang baik untuk menjaga kinerja mereka. Nah yang terakhir, kita juga harus melalkukan evaluasi secra bertahap kinerja semua anggota kita.
Terakhir manajeman, dimana  sebagai pemimpin, kita harus bisa menginspirasi anggota-anggota kita. Kita bekerja totalitas, dan terus menjaga hubungan dari hati ke hati dengan semua anggota yang kita miliki. Selain itu kita juga tidakboleh cepat merasa puas dengan apa yang kita dapatkan sekarang. dengan hal itu, kita dapat meningkatkan kinerja dari tim/organisasi yang kita tempati.
Hahaha. .seni banget deh pokoknya. Tapi pesen yang paling gue inget dari pertemuan itu adalah kata-kata dr.Harry  yang isinya kurang lebih  gini: “Jangan pernah takut mengambil suatu pilihan, salah sekali pun itu jauh lebih baik daripada tidak memnentukan suatu pilihan”. Intinya kalo jadi pemimpin harus berani, care, dan tanggung jawab.
Daaaaan, last but not least. Sebelum pulang kita diputerin videonya BLP, dan emang ga ada bosennya deh nonton tuh video. “generasi sinergis” intinya sih itu, tapi tetep aja itu video selalu bikin gue bersemangat. Hahaha. .akhirnya kita dikasih tugas buat video dengan tema #fkunpadunite It’s okay, we’ll make it Sir!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar