Selasa, 06 Desember 2011

It is (not) last day


Dan lagi-lagi gue ga bisa dateng ke sekolah, padahal hari ini hari terakhir sekolah bareng SCORE first generation.#aaaaaaa #kemudianhening Fokus! Hari ini materinya tentang MSDM (manajemen Sumber Daya Manusia. Dimana dalam organisasi kita bakal punya beberapa sumber daya manusia (anggota) yang bakal bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi yang kita tempati. Permasalahannya sekarang, kita harus bisa melakukan manajemen terhadap sumber daya yang kita miliki itu, bagaimana caranya agar kita dan mereka bisa membentuk suatu tim yang solid.
Tahapan utama dalam MSDM ini adalah dengan Recruitment. Dimana kita pertama kali mencari sumber daya yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. “right man on the right place”, klasik memang, tapi memang itulah yang harus kita lakukan terhadap SDM yang ada, kita harus mampu memberikan jobdesk kepada orang yang bener-bener tepat. Kalo bisa udah kaya enzim sama substratnya di teori lock and key. PAS BANGET!
Tahapan selanjutnya adalah regenerasi. Disini tahapan penanaman nilai-nilai, visi misi, dan pemberian gambaran tentang organisasi kita kepada anggota baru yang sudah kita dapatkan pada tahapan sebelumnya. Setelah itu, tugas selanjutnya adalah melakukan pengembangan dan pemeliharaan SDM tersebut, metode yang digunakan bisa macam-macam, seperti bonding internal, komunikasi yang efektif, reward system, dan hal yang paling penting adalah pendekatan dari hati ke hati.
Mungkin cuma sebagian kecil yang bisa gue gambarin dari pertemuan kedua di SCORE. Meskipun gue ga ikutan, seenggaknya gue udah mencoba buat ngertiin apa intisari dari materi yang dikasih selama 2 hari sekolah di SCORE. Semoga bisa bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar